Monday, June 14, 2010

FIFA World Cup 2010 - South Africa

Wah, inilah saat yang telah ditunggu-tunggu para pencinta bola ! FIFA World Cup 2010 ! Kali ini merupakan World Cup pertama yang diadakan di benua Afrika, yaitu South Afrika (Afrika Selatan). World Cup kali ini menggunakan bola bernama Jabulani dan memiliki maskot bernama Zakumi. Pingin tahu hal-hal mengenai FIFA World Cup kali ini ? Segera read more dan jangan lupa vote siapa pilihanmu di sidebar kiri blog ini.


Photobucket baru saja mengalami kesalahan, sehingga banner, background atau property blog ini yang menggunakan Photobucket mendadak hilang. Sehingga, saya yang untungnya masih menyimpan file-file tersebut mengupload ulang. Silahkan pasang ulang banner saya karena kodenya telah saya ubah dan ada juga banner baru yang lebih simple untuk dipasang. (^.^)



JABULANI
Jabulani (Adidas) merupakan nama bola yang digunakan pada pertandingan FIFA World Cup 2010. Bola ini diluncurkan di Cape Town, South Africa. Nama Jabulani yang agak asing bagi kita ini berarti gembira berdasarkan bahasa Zulu. Jabulani dibuat di Loughborough University, UK.

Jabulani juga digunakan pada FIFA Club World Cup (Semacam World Cup yang diikuti club sepak bola) yang digelar di Uni Arab Emirates. Dan Jabulani Angola juga digunakan pada pertandingan sepak bola Afrika.
Namun, pada Final World Cup 2010 ini, bola yang digunakan adalah Jabulani Khusus, yaitu Jabulani Emas. Sebenarnya bola ini hampir sama dengan Jabulani biasa, namun memiliki warna emas pada segitiganya.

ZAKUMI
Zakumi adalah maskot (lambang) World Cup yang digelar di Afrika ini. Maskot kali ini merupakan seekor macan tutul dengan rambut berwarna hijau. Zakumi yang lahir pada 16 Juni 1994 (Hari Pemuda di South Africa) memiliki nama yang berasal dari kata Za yang melambangkan kode untuk South Africa dan Kumi yang berarti 10 dalam berbagai bahasa Afrika. 
 
Zakumi yang lucu ini ada ceritanya juga lho ! Zakumi diceritakan sebagai macan tutul yang percaya diri, pencinta olahraga, berjiwa petualang, dan sebenarnya tidak berisik. Ia suka memamerkan teknik sepak bola dan melakukan sesuatu berdasarkan instingnya. Sebenarnya ia berhati hangat, lho !
Zakumi cinta sepak bola dan selalu membawa bolanya. Ia selalu mengajak siapapun yang ia temui untuk bermain sepak bola meski terhalang komunikasinya oleh bahasa yang berbeda (melambangkan internasional). Zakumi punya kelemahan, jika telah meluncurkan serangan ke gawang lawan, ia akan menjadi lelah dan mudah tertidur. Pada tahun-tahun terakhir ia sudah berpetualang mengelilingi Afrika, ia telah melewati padang rumput, hutan, pegunungan dan bahkan gurun.

PESERTA

Peserta kali ini terdiri dari 32 negara dari benua Amerika, Eropa, Afrika dan Asia. Kali ini, Amerika Serikat menunjukkan kebolehannya dengan berhasil seri dengan Inggris. Ghana dan juga Slovenia juga menaklukan masing-masing lawannya. Selain itu, Korea Selatan yang membawa nama Asia berhasil menaklukan Yunani 2-0. Yang paling menabjubkan sampai saat ini adalah kehebatan Jerman yang menaklukan Australia 4-0.
Wah, sepertinya World Cup ini bakalan seru banget, meskipun banyak pertandingan awal yang seri ! Tuan rumahnya juga lumayan berhasil seri melawan Meksiko.  Jangan lupa vote pemenang World Cup di sidebar kiri blog ini, ya ! 

Artikel ini ditulis oleh Mr.Kelpo (Admin KelpoLova). Sumber gambar dari Google dan gambar komik Zakumi dari Fifa.com. Gambar peserta World Cup berasal dari KelpoLova.