Tuesday, April 6, 2010

KelpoPedia - Byakugan

Byakugan adalah Kekkei Genkai (jurus khusus suatu klan) yang dimiliki Klan Hyuga dari Konoha. Jutsu Byakugan termasuk dalam kategori cabang Dojutsu, alias jutsu menggunakan kemampuan mata. Byakugan termasuk dalam 3 dojutsu terhebat, setelah Rinnegan dan di atas Sharingan, namun Mangekyou Sharingan masih lebih hebat dari Byakugan. Byakugan dipercaya sangat hebat, sehingga Kumogakure berusaha mencurinya dan Kirigakure berusaha melindungi satu-satunya pengguna Byakugan di Kirigakure, yaitu Ao yang mendapat mata Byakugan dari seorang ninja Hyuga yang dikalahkannya.

Ao Byakugan

Byakugan dapat berarti mata putih, karena setiap anggota Klan Hyuga memiliki mata berwarna putih sedikit biru. Mata itu jika diaktifkan dapat melihat hingga 50 meter secara normal. Byakugan juga dapat melihat chakra atau menembus benda. 

 Hinata Byakugan - Neji Byakugan

Byakugan mampu melihat hingga 50 meter, namun Neji Hyuga mampu mengembangkannya hingga maksimal 1300 m. Ia merupakan pengguna Byakugan kedua terhebat, setelah Hinata Hyuga yang mampu memfokuskan penglihatannya meskipun dipantulkan oleh labirin kristal Guren. Keakuratan byakugan Hinata juga cukup tinggi sehingga menyamai Neji. Yang paling hebat, byakugan Hinata mampu melihat hingga 10 km dengan kemampuan penuh.

Penglihatan Byakugan

Namun, byakugan juga memiliki kelemahan. Ada titik buta di mana byakugan tidak dapat melihatnya. Yaitu di sekitar leher di bagian punggung kanan. Byakugan juga tak bisa menembus Four Black Fog Battle Formation barrier yang digunakan oleh ke-empat pendekar suara.

Titik Buta Byakugan

Byakugan dalam penggunaannya dapat memunculkan urat di sekitar mata penggunanya. Byakugan dikombinasikan dengan pukulan lembut khas Klan Hyuga khususnya oleh Neji dan Hiashi.