Tuesday, May 18, 2010

asal mula komik

Komik (dari Yunani, kōmikos "atau yang terkait dengan komedi" atau kōmos "bersenang-senang, komos", dari bahasa Latin) adalah media grafis yang menyampaikan sebuah narasi gambar berurutan. Istilah ini berasal dari karya kebanyakan lucu di awal medium, dan datang untuk mendaftar ke bahwa bentuk media termasuk yang jauh dari komik. Sifat sekuensial dari gambar, dan dominasi gambar di atas kata-kata, membedakan komik dari buku gambar, meskipun ada beberapa tumpang tindih antara keduanya. Kebanyakan komik menggabungkan kata dengan gambar, sering menunjukkan pidato dalam bentuk balon kata, tetapi strip pantomim, seperti The Raja Little, tidak biasa. Kata lain dari dialog, keterangan misalnya, biasanya memperluas pada gambar, tapi kadang-kadang bertindak dalam counterpoint.

Awal precursor komik seperti yang dikenal saat ini termasuk Trajan's Column dan karya William Hogarth. Pada abad ke-19, media seperti yang kita kenal sekarang mulai mengambil bentuk antara seniman Eropa dan Amerika. Komik sebagai media massa nyata mulai muncul di Amerika Serikat pada awal abad 20 dengan strip komik koran, di mana bentuk mulai standar (gambar-driven, balon pidato dll). Kombinasi kata-kata dan gambar terbukti populer dan cepat menyebar ke seluruh dunia.

Comic strip segera dikumpulkan ke dalam buku kecil murah dan mencetak ulang buku-buku komik. Asli buku komik segera diikuti. Hari ini, komik yang ditemukan di koran, majalah, buku komik, novel grafis dan di web. Secara historis, membentuk berurusan dengan subyek lucu, tapi ruang lingkup telah diperluas untuk mencakup berbagai genre sastra. Juga lihat: Comic strip dan kartun. Dalam beberapa kalangan, komik masih dipandang sebagai seni rendah, meskipun ada pengecualian, seperti Krazy Kat dan Barnaby. Namun, seperti elitis sebuah "seni rendah / seni tinggi" tidak ada perbedaan di dunia berbahasa Perancis (dan, sampai taraf tertentu, Eropa kontinental), dimana bandes dessinées media secara keseluruhan secara umum diterima sebagai "Seni Kesembilan ", biasanya didedikasikan ruang non-diabaikan di toko buku dan perpustakaan, dan secara teratur dirayakan dalam kegiatan internasional seperti Festival Komik Angoulême Internasional. perbedaan semacam itu juga tidak ada dalam manga Jepang, budaya terbesar di dunia komik.

Pada akhir 20 dan awal abad ke-21 telah ada gerakan untuk merehabilitasi medium. diskusi Kritis bentuk itu muncul pada awal tahun 1920-an, tetapi penelitian serius yang jarang sampai akhir abad ke-20. Meskipun praktisi dapat menghindari tradisi formal, mereka sering menggunakan bentuk-bentuk tertentu dan konvensi untuk menyampaikan narasi dan pidato, atau untuk membangkitkan tanggapan emosional atau sensual. Perangkat seperti balon bicara dan kotak yang digunakan untuk menunjukkan dialog dan menyampaikan informasi mendirikan, sedangkan panel, tata letak, selokan dan pita zip dapat membantu menunjukkan aliran cerita. Komik penggunaan teks, ambiguitas, simbolisme, desain, ikonografi, teknik sastra, media campuran dan unsur-unsur gaya seni membantu membangun makna tersirat. Meskipun komik adalah struktur non-linear dan dapat sulit untuk membaca kadang-kadang, itu hanya disajikan. Namun, itu tergantung dari "frame pembaca pikiran" untuk membaca dan memahami komik. [konvensi yang berbeda-beda tersebut dikembangkan di seluruh dunia, dari manga dari Jepang untuk manhua dari Cina dan manhwa Korea, komik buku Amerika Serikat, dan album hardcover yang lebih besar di Eropa.
 
Sejarah
Awal narasi dalam seni
Berurut gambaran pada Trajan's Column
Dalam Lucas Cranach "the Elder Adam dan Hawa" yang berbeda adegan kisah Bibel yang ditampilkan pada lukisan yang sama: di depan, Tuhan menegur beberapa dosa mereka; di latar belakang ke kanan diperlihatkan adegan awal penciptaan Eve dari tulang rusuk Adam dan dari mereka yang tergoda untuk memakan buah terlarang; di sebelah kiri adalah adegan selanjutnya dari pengusiran mereka dari surga.

Komik sebagai bentuk seni yang mapan itu sendiri pada akhir 19 dan awal abad ke-20, di samping bentuk semacam film dan animasi. Tiga bentuk berbagi konvensi tertentu, yang paling terasa pencampuran kata-kata dan gambar, dan ketiga bagian dari konvensi berutang kepada lompatan teknologi dilakukan melalui revolusi industri. Meskipun surat kabar dan majalah pertama didirikan dan dipopulerkan komik di akhir 1890-an, ilustrasi narasi telah ada selama berabad-abad.

Trajan's Roma Kolom, berdedikasi di 113 AD, adalah contoh hidup awal narasi diberitahu melalui gambar berurutan, sementara hieroglif Mesir, friezes Yunani, Abad Pertengahan permadani seperti Tapestry Bayeux dan diilustrasikan naskah juga menggabungkan foto berurutan dan kata-kata untuk menyampaikan sebuah cerita. Dalam lukisan abad pertengahan, banyak adegan berurutan dari cerita yang sama (biasanya Alkitab satu) muncul secara bersamaan dalam lukisan yang sama (lihat gambar ke kiri).

Namun, karya-karya ini tidak bepergian ke pembaca, melainkan mengambil penemuan teknik cetak modern untuk membawa formulir ke khalayak luas dan menjadi media massa.
Abad ke-15-18 dan uang muka cetak
Terakhir gambar dalam A Rake's Progress William Hogarth

Penemuan mesin cetak, sehingga movable type, membentuk pemisahan antara gambar dan kata-kata, dua memerlukan metode yang berbeda untuk direproduksi. Awal materi dicetak berkonsentrasi pada bidang-bidang keagamaan, tetapi melalui abad ke-17 dan ke-18 mereka mulai menangani aspek kehidupan politik dan sosial, dan juga mulai menyindir dan karikatur. Itu juga selama periode ini bahwa pidato gelembung dikembangkan sebagai sarana menghubungkan dialog.

William Hogarth sering diidentifikasi dalam sejarah bentuk komik. Karyanya, Kemajuan A Rake, terdiri dari sejumlah kanvas, masing-masing direproduksi sebagai mencetak, dan mencetak delapan bersama-sama menciptakan sebuah narasi. Sebagai teknik cetak dikembangkan, karena kemajuan teknologi revolusi industri, majalah dan surat kabar didirikan. Publikasi ini digunakan ilustrasi sebagai sarana untuk mengomentari isu-isu politik dan sosial, ilustrasi tersebut menjadi dikenal sebagai kartun di tahun 1840-an. Segera, seniman bereksperimen dengan mendirikan suatu urutan gambar untuk menciptakan narasi.

Sementara bertahan karya-karya periode ini seperti Francis Barlow's A Benar Narasi dari neraka yang mengerikan paus Plot (c.1682) serta The Hukuman dari Lemuel Gulliver dan Kemajuan Sebuah Rake oleh William Hogarth (1726), dapat dilihat untuk membangun narasi selama beberapa gambar, ia tidak sampai abad ke-19 bahwa unsur-unsur karya tersebut mulai mengkristal ke dalam strip komik.
Perancis Liberty. British Perbudakan, 1792 James Gillray's karikatur menusuk menyenangkan pada Revolusi Perancis, mengantisipasi komik strip modern yang memiliki keduanya panel terpisah dan charactes berbicara melalui balon bicara.

Balon pidato juga berevolusi selama periode ini, dari asal-usul Abad Pertengahan dari phylacter, label, biasanya dalam bentuk gulungan, yang diidentifikasi karakter baik melalui nama mereka atau menggunakan teks singkat untuk menjelaskan tujuan mereka. Seniman seperti George Cumberland Cruikshank membantu menyusun phylacters seperti balon daripada gulungan, meskipun saat ini mereka masih disebut label. Mereka sekarang diwakili naratif, tetapi untuk tujuan identifikasi daripada dialog dalam pekerjaan, dan seniman segera dibuang mereka dalam mendukung menjalankan dialog di bawah panel. Pidato balon tidak diperkenalkan kembali untuk membentuk sampai Richard F. Outcault menggunakannya untuk dialog.
Abad ke-19: bentuk yang didirikan
Halaman oleh Rodolphe Töpffer, yang karyanya dianggap berpengaruh dalam membentuk bentuk komik.

Rodolphe Töpffer, seorang artis Swiss berbahasa Perancis, dipandang sebagai tokoh kunci dari bagian awal abad ke-19. Meskipun pidato balon jatuh dari bantuan selama abad ke-19 tengah, cerita Töpffer's diilustrasikan secara berurutan, dengan teks terkotak di bawah gambar, yang dicetak ulang di seluruh Eropa dan Amerika Serikat. Kurangnya undang-undang hak cipta pada saat itu diperbolehkan edisi ini bajakan, dan diterjemahkan versi menciptakan pasar di kedua benua untuk bekerja sama.

Pada 1843 Töpffer diformalkan pemikirannya tentang cerita bergambar dalam bukunya Essay on Physiognomics: "Untuk membangun sebuah gambar-cerita tidak berarti Anda harus menetapkan diri sebagai empu, untuk menarik keluar setiap potensi dari bahan Anda - sering turun ke ampas Itu! tidak berarti anda hanya menyusun karikatur dengan pensil alami sembrono. Juga tidak hanya untuk mendramatisir atau menggambarkan peribahasa pelesetan. Anda benar-benar harus menemukan beberapa jenis permainan, di mana bagian-bagian yang diatur oleh rencana dan bentuk keseluruhan memuaskan. Anda tidak hanya pena atau membuat lelucon menahan diri dalam kuplet Anda membuat sebuah buku: baik atau buruk, sadar atau bodoh, gila atau suara dalam arti.

Pada tahun 1845 gambar satir, yang secara teratur muncul di koran dan majalah, mendapatkan nama: kartun. (Dalam seni, kartun adalah pensil atau sketsa charcol akan overpainted) Majalah Punch Inggris., Diluncurkan pada tahun 1841, disebut pencilings lucu perusahaan 'sebagai kartun dalam referensi satir kepada Parlemen hari, yang mengorganisir diri mereka sendiri pameran kartun, atau gambar persiapan, pada saat itu. penggunaan ini menjadi istilah umum, yang berlangsung sampai hari ini yang berisi kartun majalah serupa di benua Eropa termasuk Fliegende Blatter dan Le Charivari, sementara di AS dan Puck Hakim sangat populer.

1865 melihat publikasi Max dan Moritz oleh Wilhelm Busch oleh sebuah koran Jerman. Busch halus konvensi seni sekuensial, dan karyanya adalah pengaruh utama dalam membentuk, Rudolph Dirks terinspirasi oleh strip untuk menciptakan Kids Katzenjammer pada tahun 1897.
Yellow Kid, yang diciptakan oleh Richard F. Outcault.

Ini adalah kira pada waktu yang Manhua, bentuk komik Cina, mulai memformalkan, sebuah proses yang berlangsung sampai 1927 Pengenalan metode pencetakan litograf berasal dari Barat. Adalah langkah penting dalam mengembangkan bentuk di Cina selama awal abad 20. Seperti Eropa dan Amerika Serikat, gambar satir itu muncul di koran dan majalah, awalnya didasarkan pada karya-karya dari negara-negara tersebut. Salah satu majalah pertama kartun satir didasarkan pada Britania Raya's Punch, snappily kembali dicap sebagai "The Punch Cina". Bagian pertama diambil oleh orang dari kewarganegaraan Cina adalah "Situasi di Timur Jauh" dari Tsan Tse-Tai, dicetak 1899 di Jepang. Pada tahun 1920-an pasar didirikan untuk buku gambar seukuran telapak tangan seperti Lianhuanhua.

Pada tahun 1884, Setengah Ally's Holiday Sloper diterbitkan, sebuah majalah yang jual sepotong menampilkan karakter tituler, dan secara luas dianggap sebagai majalah komik strip pertama untuk fitur karakter berulang. Pada 1890 dua lagi majalah komik debutnya kepada masyarakat Inggris, Comic Potongan dan Illustrated Chips, mendirikan tradisi komik Inggris sebagai antologi periodik yang berisi komik strip.
Di Amerika Serikat, R.F. Outcault bekerja dalam menggabungkan balon pidato dan gambar pada Hogan's Alley dan The Yellow Kid telah diakui sebagai membangun bentuk dan konvensi komik strip, meskipun akademisi telah menemukan karya-karya sebelumnya yang menggabungkan gelembung pidato dan citra multi narasi. Namun, popularitas kerja Outcalt dan posisi strip dalam koran mempertahankan kredit sebagai motor penggerak formulir.


Abad ke-20 dan media massa
Little Sammy Bersin (1904-1906) oleh Winsor McCay

1920-an dan 1930-an melihat booming lebih lanjut dalam industri. Di China pasar didirikan untuk buku gambar seukuran telapak tangan seperti Lianhuanhua, [25] sementara pasar untuk antologi komik di Britania telah berpaling ke target anak-anak melalui humor remaja, dengan The Dandy dan The pesta diluncurkan. Di Belgia, Hergé menciptakan strip Tintin koran untuk suplemen komik, ini telah berhasil dikumpulkan dalam sebuah album terikat dan menciptakan pasar untuk karya-karya tersebut lebih lanjut. Periode yang sama di Amerika Serikat telah melihat strip koran memperluas subjek mereka yang melampaui humor, dengan aksi, petualangan dan misteri strip diluncurkan. Pengumpulan bahan tersebut juga mulai, dengan itu cerita komik, koleksi cetak ulang dari strip koran, diterbitkan dalam ukuran tabloid di tahun 1929.

Pasar untuk buku-buku komik tersebut segera diikuti, dan pada tahun 1938 penerbit mencetak bahan asli dalam format. Pada saat ini bahwa Action Comics # 1 diluncurkan, dengan fitur Superman sebagai penutup. Popularitas karakter pahlawan super cepat diabadikan sebagai genre mendefinisikan komik Amerika. Genre kehilangan popularitas pada 1950-an, tetapi didirikan kembali dominasinya bentuk dari tahun 60 sampai akhir abad ke-20.

Di Jepang, negara dengan tradisi panjang untuk ilustrasi dan sistem penulisan yang berkembang dari gambar, komik sangat populer. Yang dimaksud dengan manga, bentuk Jepang didirikan setelah Perang Dunia II oleh Osamu Tezuka, yang diperluas jumlah halaman kerja ke nomor ratusan, dan yang mengembangkan gaya filmis, sangat dipengaruhi oleh animasi Disney waktu. Pasar Jepang memperluas jangkauan untuk menutupi bekerja dalam banyak genre, dari fantasi cinta untuk remaja melalui fantasi dewasa. manga Jepang yang biasanya diterbitkan di antologi besar, yang mengandung beberapa ratus halaman, dan cerita-cerita telah lama digunakan sebagai sumber untuk adaptasi ke dalam film animasi. Di Jepang film tersebut disebut sebagai anime, dan pencipta yang bekerja di kedua bentuk secara bersamaan, yang mengarah ke sebuah menghubungkan intrinsik dari dua bentuk.

Selama paruh kedua abad ke-20 komik telah menjadi barang yang sangat populer untuk kolektor dan dari tahun 1970-an penerbit komik Amerika Serikat telah secara aktif mendorong mengumpulkan dan mengalihkan sebagian besar komik penerbitan dan produksi untuk naik banding langsung kepada masyarakat kolektor.
Alan Moore, yang karya-karyanya telah berbuat banyak untuk mempopulerkan medium.

Menulis pada tahun 1972, Sir Ernst Gombrich merasa Töpffer telah berevolusi bahasa gambar baru, yaitu gaya seni disingkat, yang memungkinkan para penonton untuk mengisi kekosongan dengan imajinasi mereka.

Penggunaan double modern dari komik panjang, sebagai kata sifat menggambarkan genre, dan kata benda menunjuk seluruh media, telah dikritik sebagai membingungkan dan menyesatkan. Pada tahun 1960-an dan 1970-an, kartunis bawah tanah menggunakan comix ejaan untuk membedakan pekerjaan mereka dari strip koran utama dan buku-buku komik remaja. Karya mereka ditulis untuk pemirsa dewasa, tetapi biasanya komedi, sehingga "komik" label masih tepat. istilah novel grafis dipopulerkan pada akhir tahun 1970, telah menciptakan setidaknya dua dekade sebelumnya, dengan jarak bahan dari kebingungan ini

Pada tahun 1980-an komik beasiswa mulai berkembang di Amerika Serikat, dan kebangkitan di popularitas komik terlihat, dengan Alan Moore dan Frank Miller memproduksi karya superhero terkemuka dan Bill Watterson Calvin & Hobbes's yang sindikasi.

Dalam karya Robert Crumb 2005 itu dipamerkan di galeri kedua sisi Atlantik, dan surat kabar The Guardian suplemen tabloid dikhususkan untuk seminggu eksplorasi panjang karyanya dan idiom
Bentuk
Carl Barks, seniman komik Donal Bebek, autograph penandatanganan pada tahun 1994.

Komik telah disajikan dalam jumlah yang luas dan format penerbitan ketik, dari panel kartun yang sangat pendek ke lebih panjang novel grafis. Kartun, tradisional mengandung satir atau humor konten dalam cara yang terlihat di The New Yorker atau Private Eye, berasal dari pertengahan abad kesembilan belas. Bentuk komik masih populer, meskipun beberapa tahun terakhir telah mengalami penurunan jumlah kartunis editorial bekerja di media AS [34] Ada perdebatan tentang apakah kartun adalah bentuk komik, pendahulu, atau. bentuk yang terkait-namun beberapa orang berpendapat bahwa karena kartun menggabungkan kata-kata dengan gambar dan konstruksi narasi, ini adalah bentuk komik.

Strip komik hanyalah sebuah urutan kartun yang bersatu untuk bercerita, dan pada awalnya dikenal sebagai kartun strip. Awalnya komik strip istilah yang diterapkan untuk setiap urutan kartun, tak peduli tempat publikasi atau panjang urutan, tapi sekarang, terutama di Amerika Serikat, istilah ini mengacu pada strip dipublikasikan di koran. Strip ini sekarang biasanya lucu atau menyindir strip, seperti Hagar yang Mengerikan dan Doonesbury, tapi sering aksi bertema, pendidikan atau bahkan biografi. Di Amerika Serikat, istilah "komik" kadang-kadang digunakan untuk menggambarkan halaman surat kabar di mana komik ditemukan, dengan istilah "komik" cepat mengadopsi melalui penggunaan populer untuk merujuk untuk membentuk daripada konten [35.] [36] Said halaman juga disebut sebagai "halaman lucu", dan komik ini maka kadang-kadang disebut "lucunya" Di Britania Raya., istilah komik strip masih berlaku bagi cerita lagi yang muncul di komik, seperti 2000 AD atau sebagai pesta itu.

format Publikasi
George Herriman's Krazy Kat (6 Januari 1918)

Seiring waktu sejumlah format telah menjadi erat terkait dengan bentuk, dari buku komik ke webcomic. Buku komik Amerika berasal dari bagian awal abad kedua puluh, dan tumbuh dari majalah yang dikemas kembali komik strip koran. Akhirnya, penerbit menugaskan karya aslinya, dan bahan yang dikembangkan dari asal lucu untuk mencakup cerita petualangan, roman, perang, dan pahlawan super, dengan genre terakhir mendominasi penerbitan buku komik oleh akhir abad dua puluh. Meskipun buku komik yang disebut, publikasi ini lebih mirip majalah, setelah lunak mencakup dicetak pada kertas glossy, dengan interior dari kertas atau kertas kelas yang lebih tinggi. Di Eropa, majalah selalu menjadi tempat untuk bahan asli pada formulir, dan majalah komik atau buku komik segera tumbuh menjadi antologi bahwa serial sejumlah cerita. Di Eropa kontinental pasar segera memantapkan dirinya untuk mendukung koleksi komik strip tersebut. Semua publikasi ini umumnya disebut sebagai "komik" untuk jangka pendek, dengan buku-buku komik Amerika dan Inggris majalah khas atau berjalan 32 halaman, termasuk iklan dan kolom surat. (Ini kadang-kadang dikenal sebagai buku 36-halaman, menghitung mencakup) majalah komik Eropa. Telah liar beragam nomor halaman, saat ini kebanyakan berkisar antara 52 dan 120 halaman, sementara album komik Eropa tradisional memiliki antara 32 dan 62 halaman.
Novel grafis pada layar untuk dijual di toko spesialis.

Di Amerika Serikat, ketika seorang penerbit mengumpulkan cerita serial sebelumnya, koleksi semacam ini biasanya disebut sebagai baik paperback perdagangan atau sebagai novel grafis. Ini adalah buku, biasanya squarebound dan diterbitkan dengan sampul kartu, tidak mengandung iklan. Mereka biasanya mengumpulkan kisah tunggal, yang telah dipecah menjadi beberapa bab sebelumnya dalam buku-buku komik serial, dengan isu-isu yang dikenal sebagai busur cerita. novel perdagangan tersebut dapat berisi manapun dari empat hal (misalnya, ada Kingdom Come oleh Mark Waid dan Alex Ross) sebagai sebanyak dua puluh (The Death of Superman). Di Eropa kontinental, khususnya koleksi seperti Belgia dan Perancis, biasanya agak lebih besar dalam ukuran dan diterbitkan dengan sampul hardcover, sebuah format yang didirikan oleh seri Tintin di tahun 1930-an. Ini disebut sebagai komik album, [38] istilah yang di Amerika Serikat mengacu pada buku antologi. Britania Raya tidak memiliki tradisi besar koleksi tersebut, meskipun selama tahun 1980-an penerbitan Titan meluncurkan garis mengumpulkan cerita sebelumnya diterbitkan pada tahun 2000 AD.

Format novel grafis mirip dengan penerbitan buku khas, dengan karya yang diterbitkan dalam edisi sampul tebal dan paperback. Istilah ini telah terbukti yang sulit untuk mendefinisikan, dan mengacu tidak hanya fiksi tetapi juga bekerja faktual, dan juga digunakan untuk menggambarkan koleksi serial sebelumnya karya maupun sebagai bahan aslinya. Beberapa penerbit membedakan antara materi tersebut, menggunakan novel "istilah grafis asli" untuk pekerjaan yang ditugaskan terutama untuk formulir.

Strip koran juga mendapatkan dikumpulkan, keduanya di Eropa dan di Amerika Serikat. Di AS, pemilihan strip akan dicetak ulang dalam buku-buku sering agak serampangan, tetapi ada beberapa upaya terakhir untuk menghasilkan koleksi lengkap dari strip koran lebih populer.

Di Inggris itu tradisional untuk pasar komik anak-anak untuk melepaskan annuals komik, yang hardback buku berisi strip, serta cerita teks dan teka-teki dan permainan. Di Amerika Serikat, komik tahunan adalah publikasi musim panas, biasanya sebuah buku komik diperpanjang, dengan alur cerita seringkali dikaitkan di garis penerbit komik.
Bill Holman's Smokey Stover, contoh strip Amerika populer diterjemahkan untuk dipublikasikan di Perancis.

Di Jepang, komik biasanya pertama dalam serial manga dan majalah yang terakhir disusun dalam format buku manganya.

Di Afrika Selatan, Supa Strikas, sebuah buku komik mingguan mencapai lebih dari satu juta pembaca di seluruh dunia, menggunakan iklan yang tertanam di setiap frame dari komik strip untuk menghasilkan pendapatan, daripada pengisian pembacanya.

Webcomics, juga dikenal sebagai komik online dan komik web, adalah komik yang tersedia di Internet. Banyak webcomics eksklusif dipublikasikan secara online, sementara beberapa yang dipublikasikan di media cetak tetapi memelihara arsip web baik untuk alasan komersial atau artistik. Dengan akses mudah Internet untuk penonton, webcomics menjalankan keseluruhan dari komik tradisional untuk novel grafis dan seterusnya.

Webcomics mirip dengan komik cetak yang diterbitkan sendiri di hampir semua orang dapat membuat webcomic mereka sendiri dan mempublikasikannya di Web. Saat ini, ada ribuan webcomics tersedia secara online, dengan beberapa mencapai populer, kritis, atau kesuksesan komersial. The Perry Bible Fellowship dimuat di media cetak, sementara Brian Fies 'Mom Kanker memenangkan Eisner Award perdana untuk komik digital pada tahun 2005 dan kemudian dikumpulkan dan diterbitkan dalam hardcover.

Bentuk komik juga bisa dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi di media campuran. Sebagai contoh, strip yang dirancang untuk tujuan mendidik atau informatif, terutama pada kartu petunjuk keselamatan sebuah pesawat. Strip ini umumnya disebut sebagai komik instruksional. Bentuk komik juga digunakan dalam industri film dan animasi, melalui storyboard. Storyboards adalah ilustrasi ditampilkan dalam urutan dengan tujuan untuk memvisualisasikan sebuah animasi atau film live-action. storyboard pada dasarnya adalah komik besar film atau beberapa bagian dari film yang dihasilkan sebelumnya untuk membantu direksi dan cinematographers memvisualisasikan adegan-adegan dan menemukan masalah potensial sebelum terjadi. Sering storyboards termasuk panah atau petunjuk yang menunjukkan gerakan.

Seperti banyak media lain, komik juga bisa menerbitkan sendiri. Salah satu format yang khas untuk diri-penerbit dan profesional calon adalah, minicomic biasanya kecil, sering difotokopi dan stapler atau dengan buatan tangan yang mengikat. Ini adalah cara yang murah umum bagi mereka yang ingin membuat komik sendiri dengan anggaran yang sangat kecil, dengan sebagian besar informal berarti distribusi. Sejumlah kartunis sudah mulai cara ini dan pergi ke jenis yang lebih tradisional penerbitan, sementara seniman lebih mapan lain terus memproduksi minicomics di samping.
[Sunting] Artistik menengah
[Sunting Mendefinisikan] komik

Para ahli tidak setuju pada definisi komik, beberapa klaim format yang tercetak sangat penting, beberapa menekankan saling ketergantungan gambar dan teks, dan lainnya berurutan alam. Istilah sebagai referensi untuk media juga telah diperdebatkan.
Will Eisner, yang mendirikan istilah seni sekuensial dan dianggap telah mempopulerkan novel grafis.

Pada tahun 1996, Will Eisner menerbitkan Graphic Storytelling, dimana ia mendefinisikan komik sebagai "pengaturan dicetak seni dan balon secara berurutan, terutama dalam buku-buku komik" [sebelumnya ] Eisner itu, definisi yang lebih berpengaruh dari Komik 1985 dan Sequential Art. Dijelaskan teknik dan struktur komik sebagai seni sekuensial, "... susunan gambar atau gambar dan kata-kata untuk menceritakan sebuah cerita atau mendramatisir ide."

Dalam Memahami Komik (1993) Scott McCloud mendefinisikan seni sequential dan komik sebagai: "disandingkan gambar gambar dan lainnya dalam urutan yang disengaja, dimaksudkan untuk menyampaikan informasi dan / atau untuk menghasilkan respon estetik dalam penampil." definisi ini termasuk tunggal panel ilustrasi seperti The Far Side, "Zanzibear", The Family Circus dan kartun yang paling politis dari kategori, mengelompokkan mereka sebagai kartun. Sebaliknya, "The Journal Komik's 100 Komik Terbaik dari abad ke-20", termasuk karya-karya kartunis beberapa panel tunggal dan kartunis, dan studi akademis komik sudah termasuk kartun politik.

RC Harvey, dalam esainya Komedi di persimpangan Word dan Gambar, menawarkan definisi bersaing dalam referensi McCloud: "... komik terdiri dari cerita-cerita bergambar atau eksposisi di mana kata-kata (sering huruf ke area gambar dalam balon bicara) biasanya memberikan kontribusi pada arti dari gambar dan sebaliknya. " ini, Namun, mengabaikan keberadaan komik tanpa kata.

Kebanyakan setuju bahwa animasi, yang menciptakan ilusi optik gerakan dalam kerangka fisik statis, adalah bentuk yang terpisah, meskipun ImageTexT, sebuah jurnal akademik peer-review berfokus pada komik, menerima masukan yang berkaitan dengan animasi juga, dan yang ketiga Konferensi tahunan di Komik di University of Florida berfokus pada komik dan animasi.
Seni gaya
Scott McCloud, yang bekerja Memahami Komik mengidentifikasi gaya yang berbeda dari seni yang digunakan dalam komik.

Sementara hampir semua seni komik adalah dalam arti tertentu disingkat, dan juga sementara setiap seniman yang telah menghasilkan karya komik membawa masing-masing pendekatan sendiri untuk melahirkan, beberapa gaya seni yang lebih luas telah diidentifikasi. Seniman komik strip Cliff Sterrett dan Gus Arriola sering digunakan tidak biasa, latar belakang berwarna-warni, kadang-kadang membelok ke seni abstrak.

Gaya dasar telah diidentifikasi sebagai realistis dan kartun, dengan jalan tengah yang besar R. Fiore telah menciptakan frase liberal. Fiore juga menyatakan jijik dengan persyaratan realistis dan kartun, lebih suka istilah literal dan gaya bebas, masing-masing.

Scott McCloud telah menciptakan The Big Triangle sebagai alat untuk berpikir tentang komik seni. Dia menempatkan representasi realistis di sudut kiri bawah, dengan representasi ikonik, atau seni kartun, di kanan bawah, dan pengenal ketiga, abstraksi citra, di puncak segitiga. Hal ini memungkinkan penempatan dan pengelompokan seniman dengan triangulasi.

* Gaya kartun komik menggunakan efek dan variasi garis lebar untuk berekspresi. Karakter cenderung memiliki bulat, disederhanakan anatomi. Tercatat eksponen gaya ini adalah Carl Barks dan Jeff Smith.
* Gaya realistis, juga disebut sebagai gaya petualangan adalah yang dikembangkan untuk digunakan dalam petualangan strip tahun 1930-an. Mereka menuntut terlihat kurang kartun, fokus lebih pada anatomi realistis dan bentuk, dan menggunakan ilustrasi yang ditemukan di majalah pulp sebagai dasar. Gaya ini menjadi dasar superhero gaya buku komik, karena Joe Shuster dan Jerry Siegel awalnya bekerja Superman untuk publikasi sebagai strip petualangan.

McCloud juga mencatat bahwa dalam tradisi sejumlah, ada kecenderungan untuk memiliki karakter utama diambil agak sederhana dan kartun, sedangkan latar belakang dan lingkungan yang digambarkan secara realistis. Dengan demikian, ia berpendapat, pembaca dengan mudah mengidentifikasi dengan karakter, (karena mereka adalah sama dengan ide seseorang diri), sementara yang terbenam ke dunia, yang tiga-dimensi dan bertekstur. Contoh-contoh yang baik dari fenomena ini termasuk Hergé's Petualangan Tintin (dalam "gaya pribadinya" Ligne claire merek dagang), Will Eisner Roh dan Osamu Tezuka's Buddha, antara lain banyak.
Bahasa

Seperti disebutkan di atas, dua definisi yang berbeda telah digunakan untuk mendefinisikan komik sebagai bentuk seni: kombinasi kata dan gambar, dan penempatan gambar dalam urutan. Kedua definisi yang kurang, di pertama mengecualikan setiap urutan gambar tanpa kata, dan yang kedua kartun termasuk panel tunggal seperti kartun editorial. Tujuan dari komik jelas bahwa narasi, dan sebagainya yang harus menjadi faktor penting dalam menentukan bentuk seni.

Komik, sebagai seni sekuensial, menekankan representasi bergambar dari narasi. Ini berarti komik tidak versi ilustrasi literatur standar, dan sementara beberapa kritik yang mengatakan bahwa mereka adalah bentuk hibrida seni dan sastra, yang lain berpendapat komik adalah seni baru dan terpisah; suatu keseluruhan yang terpadu, kata-kata dan gambar kedua, di mana gambar tidak hanya menggambarkan cerita, tetapi merupakan bagian dari yang mengatakannya. Dalam komik, pencipta mengirimkan ekspresi melalui pengaturan dan penjajaran dari salah satu gambar saja, atau kata (s) dan gambar (s), untuk membangun narasi.

Narasi komik yang dibuat melalui tata letak gambar, dan sementara, seperti dalam film, mungkin ada banyak orang yang bekerja di satu pekerjaan,, satu visi pemandu narasi pekerjaan. Artis dapat menggunakan tata letak gambar pada halaman untuk menyampaikan berlalunya waktu, membangun ketegangan, atau sorot tindakan.

Untuk eksplorasi lebih lengkap dari bahasa, silakan lihat kosakata Komik.

Komik penciptaan
Seorang seniman membuat sketsa sebuah halaman komik

Seniman komik biasanya sketsa gambar dengan pensil sebelum pergi di atas gambar dengan tinta, baik menggunakan pena atau kuas dip. Seniman juga dapat menggunakan lightbox untuk menciptakan gambar akhir dalam tinta. Beberapa artis, Brian Bolland misalnya menggunakan grafis komputer, dengan karya diterbitkan sebagai penampilan fisik pertama karya seni. Dengan definisi banyak (termasuk McCloud, di atas) definisi komik meluas ke media digital seperti webcomics dan komik mobile.

Sifat pekerjaan yang diciptakan komik menentukan jumlah orang yang bekerja pada penciptaan, dengan strip komik yang sukses dan buku komik yang diproduksi melalui sistem studio, di mana seorang seniman merakit sebuah tim asisten untuk membantu menciptakan pekerjaan. Namun, karya dari perusahaan independen, self-penerbit atau mereka yang lebih bersifat pribadi dapat menghasilkan pencipta tunggal.

Dalam industri buku komik dari Amerika Serikat, sistem studio telah menjadi metode utama penciptaan. Melalui penggunaannya oleh industri, peran telah menjadi sangat dikodifikasi, dan mengelola studio telah menjadi tanggung jawab perusahaan, dengan editor melaksanakan tugas-tugas manajemen. Editor merakit sejumlah pencipta dan mengawasi pekerjaan untuk publikasi.

Setiap jumlah orang yang dapat membantu dalam penciptaan buku komik dengan cara ini, dari plotter, seorang artis rincian, sebuah penciller, inker sebuah, seorang penulis skenario, dan penata letterer, dengan beberapa peran yang dilakukan oleh orang yang sama.

Sebaliknya, komik cenderung merupakan karya seorang pencipta tunggal, biasanya disebut kartunis. Namun, tidak jarang seorang kartunis untuk menggunakan metode studio, terutama ketika sebuah strip menjadi sukses. Mort Walker bekerja studio, sementara Bill Watterson dihindari metode studio, lebih memilih untuk membuat strip itu sendiri. Gag, kartunis politik dan editorial cenderung bekerja sendiri maupun, meskipun seorang kartunis dapat menggunakan asisten.

Peralatan

Seorang seniman menggunakan berbagai pensil, kertas, biasanya papan Bristol dan tinta tahan air. Ketika tinta, banyak seniman lebih suka menggunakan Winsor & Newton Seri 7, # 3 kuas sebagai alat utama, yang dapat digunakan dalam hubungannya dengan sikat lainnya, pena celup, pena dan / atau berbagai macam teknis pena atau spidol. Mekanikal tints dapat digunakan untuk menambahkan nada abu-abu untuk gambar. Seorang seniman bisa melukis dengan akrilik, guas, cat poster atau cat air. Warna juga dapat dicapai melalui krayon, pastel atau pensil warna.

Penghapus, penggaris, template, mengatur kotak dan membantu T-persegi dalam menciptakan garis dan bentuk. Sebuah meja gambar memberikan permukaan bekerja siku dengan lampu kadang-kadang melekat pada meja. Sebuah kotak cahaya memungkinkan seniman untuk melacak bekerja pensil ketika tinta, memungkinkan untuk selesai looser. Pisau dan pisau bedah mengisi berbagai kebutuhan, termasuk papan memotong atau menggores dari kesalahan. Sebuah tikar pemotongan bantuan pemangkasan kertas. Proses putih adalah bahan buram putih tebal untuk menutupi kesalahan. Pita perekat dan membantu komposit foto dari sumber yang berbeda.
[Sunting] Komputer dihasilkan komik

Komputer secara dramatis mengubah industri, dan hari ini banyak kartunis dan ilustrator membuat ilustrasi digital menggunakan komputer, tablet grafis dan scanner. seni digital telah menggantikan gambar tradisional pena dan tinta pada peningkatan jumlah buku-buku komik dan strip. Beberapa ilustrator melakukan sketsa pensil, scan dan kemudian menggunakan program software yang berbeda untuk menjalankan seni selesai, memperbesar bagian gambar untuk detail pekerjaan dekat. Untuk membuat buku komik meliputi, Jim McDermott transfer gambar ke komputer lukisan dan kemudian mengembangkan digital, dan Dave McKean juga telah menggabungkan metode tradisional dan digital.

Pada tahun 1998, Pete Nash ditampilkan sepenuhnya digital karya seni di strip komik Penyerang untuk The Sun. [57 Komputer] yang sekarang banyak digunakan baik untuk mewarnai dan huruf, memaksa beberapa letterers buku komik untuk mencari tempat lain untuk kartunis work.Snuffy Fred Smith Lasswell, suatu penemu produktif dan adopter awal teknologi baru, adalah salah satu kartunis email pertama komik strip untuk King Features Syndicate dan juga memelopori penggunaan huruf yang dihasilkan komputer.

Pada komik strip Blondie, teknologi komputer memungkinkan penulis Dean Young, kartunis John Marshall dan asisten Frank seni Cummings untuk berkolaborasi walaupun mereka tinggal di tiga negara yang berbeda.